Saturday, July 31, 2010

Belajar membaca


Bberapa hari yg lalu salahsatu temen Indo disini nanya gw gimana caranya ngajarin baca. Memang metode pengajaran yg berbeda membuat bbrp orangtua Indonesia disini agak bingung juga. Dulu gw sempet bingung tapi gga ada masalah besar sebab beruntung sekali Jake krn sejak umur 2 thn 5 bulan Jake udah bisa hapal bberapa kata. Itupun karena ketidaksengajaan. Berhubung gw repot ngurus Matthew yg kala itu masih baby, Jake suka gua dudukin di depan kompi and gw bawa ke PBS website, section Between The Lions. Ada dua pendekatan dalam cara mengajar membaca disini, yg pertama, 'hapalan' yg dimaksud adalah otak kita menghapal kata, makanya kadang ada kata yg salah2 eja tapi kita kadang gga 'ngeh' pas baca, sb kita gga eja kata tersebut berdasarkan abjad2 yg membentuknya. Yg kedua 'phonics' yaitu membaca dengan berdasarkan bagaimana abjad2 tsb diucapkan. Di sekolah anak2 belajar dengan mengikuti kedua pendekatan tsb. Dalam usia dibawah 3 th Jake sudah mengenal hampir lima puluh kata. Satu kali Jake duduk di depan kompi and gw lupa nyalain volumenya, pas gw tanya kata2 yg muncul on screen ternyata dia bisa tunjuk masing2 kata yg gua ucapkan tanpa membuat kesalahan. Sejak itu gua ajar dia bberapa kata lain.

3 comments:

  1. Wah Jake pinter banget yaa mulai blajar baca sendiri...
    Lebih efektif blajarnya yg phonics atau yg apalan nih syl?
    Gw kayanya nanti kudu 'blajar' phonics dulu baru bisa ngajarin anak baca hehe..

    ReplyDelete
  2. oh phonics itu ternyata cara membaca gua pernah denger tapi gak tau apaan..

    ReplyDelete
  3. pinter yah si jake! gimana dg matt belajar bacanya wkt kecil? jg dg bekal kompi?

    ReplyDelete