Wednesday, June 17, 2009

Sup kacang laris manis


Another hot day. At least pulang kerja, soup kacang udah mateng. Tinggal makan. Tadi pagi gw siapin tuh kacang (15 macem kacang) di slow cooker. Sup ini tradisi Amerika bagian selatan bangsanya Arkansas, Alabama, South Carolina dsbnya. Biasanya sih dimakan bareng ama corn bread, semacam bolu terbuat dari tepung jagung. Cuman udara panas gini males rasanya nyalain oven. Hubby demen banget, sampe abis empat mangkuk. Gga tau doyan apa rakus yah? Matt and Jake hy makan satu mangkuk doang. Td pagi gitu bangun tidur si Matt tau2 nyeletuk "Jake will be the smallest person in the fourth grade." Lagunya deh si Matt, pdhal lately dia sendiri makannya rada susah. Mungkin udara panas mempengaruhi napsu makan juga. Waktu ke Indo, anak2 susah banget makannya padahal kita sering banget ke supermarket yg jual makanan2 asing. And gw tanya temen lain yg tinggal di Amrik and mudik ke Indo, sama juga tuh anak2 mereka pada ilang napsu makan.

6 comments:

  1. hilang nafsu karena makanan baru kali ..kurang cocok. apa karena hawa panas bikin gak nafsu makan yah? kurang perhatikan selama ini. kalo kami di rumah, malam, suka bikin bubur yang encer, banyak kuah. kata mertua enak minumnya kala cuaca panas. kata mertua, kalo cuaca panas, gak enak makan yg keset2/kental2. di sini summer orang senang bubur kacang hijo, katanya bisa buat mencegah panas dalam.
    syl, 15 kacang apa aja yah? bisa disebutin gak. pengen tau , pengen coba. katanya, kacang2an sangat bagus dan bergizi. di sini mertua kalo maasak bubur suka ditambahin satu atau 2 jenis cereals/kacang2an: misal kacang tanah, kacang merah, kacang ijo, barley,sorghum, jagung, atau ketan hitam. lebih bagus daripada kalo beras doang.

    ReplyDelete
  2. oh ya, napa tiba2 pagi2 Matt nyeletuk kayak gitu? ditanya gak kenapa alasannya?

    ReplyDelete
  3. hahhaa... coba gua kalo kena panas jadi ga nafsu makan juga, kayanya bisa kurus tuh. Wahaha.. payah nih gue, anak baru satu, mau ngurusin badan susah banget. Dulu pas gadis, makan diirit2, cuil2 dikit2 doank. Habis melahirkan, waa.. jam 8 belum sarapan, kepala udah keleyengan.

    ReplyDelete
  4. Yen, aku beli beansnya udah satu package gitu, ada bumbunya juga, semacem powder, untuk buat supnya kental. Hm... kacangnya, gw inget2 yah sebab bungkusnya dah aku buang. Kacang merah, pinto, lima, garbanzo,kacang keil yg item,kacang yg pipih kecil2, ada yg item, ijo dan kuning. Aduh, baru segini ajah udah pada lupa. Next time aku inget aku lanjutin yah Yen.

    ReplyDelete
  5. Yen, aku kalu buat bubur kacang ijo hy aku doang yg makan, serumah pada gga doyan

    ReplyDelete
  6. MA: Kamu gga gemuk kok.... aku juga kdg kalau makan banyak suka guilty feeling, takut gemuk.

    ReplyDelete