Thursday, November 24, 2011

Selamat hari Thanksgiving

Gua bersyukur banget deh untuk keluarga dan teman2 yg supportive. Project Thanksgiving gw dimulai sejak kemaren siang. Pertama, gw motongin bawang bombay, seledri gede, then french bread. Sore hari ke supermarket lagi lantaran gw lupa beli gula merah dan keabisan garam and susu. Makin sore supermarket makin padat pengunjung. Pas paginya gw belanja ke WalMart, frozen pie dough udah abis. So, kemaren malam gw buat dough untuk apple pie. Malam hari gw baru ngeh kalau kecap manis ABC gw juga udah abis padahal dua ponakan laki gw pengen nasi goreng. Laki gw blg gga apa deh dilewat aja nasgornya gga gitu gua juga udah sibuk banget. Kalkun gw masukin ke brine. Saking gedenya, brinenya gw taruh di ember. Untung bisa muat dalam kulkas, itupun dengan perasaan was2 takut shelvenya pecah. Mengingat bobot kalkun 14.5 pounds, ditambah 3 gallon brine yg terbuat dari kaldu ayam kalengan berserta segala macem spices. Jam satu subuh gw baru bobo, selesai manggang apple pie. Gw pake delapan apel. Td pagi gw bangun jam 5.15. Nge-teh, then mulai jadi Oshin. Pertama, gw rebus 2 pounds kentang untuk dijadikan kentang puree. Lalu manggang yam pakai butter, gula merah dan marshmallow. Gw sempet kontak2an ama M di Belgie. Dia juga busy preparing turkey utk cewenya dan temen2 Eropanya. Lega rasanya dapet support dari dia, masalahnya perasaan gw kalang-kabut banget. Maklum baru pertama kali in charge for the Thanksgiving party, kelas berat Bo. Lalu gw buat turkey stuffing. Kayaknya celerynya kebanyakan sebab stuffingnya menurut gw sih rada lembek, tapi laki gw dan Jake ternyata demen banget, mereka blg enak. Gw cari2 twine di kemasan kalkun, gga nemu. Jadi laki gw ke gudang sewaan kita, ngambil twine. So, kalkunnya baru dipanggang jam 9.30, dodol, twinenya gga jadi dipakai pulak. Gw cuci bersih tuh kalkun, di-pat dry, abis ampir segulung kitchen towel. Lalu gw olesi dan gw masukkan campuran butter dan herbs (thyme, sage,rosemary,dan parsley)diatas dan dibawah kulit. Untung si tn ngingetin gw utk pakai banyak garam (satu cup). Gw combine resepnya Alton Brown dan Barefoot Contessa, and also anjuran tn. Rongga perut kalkunnya gw isi bawang bombay, apel, rosemary, thyme, dan bawang putih. Sempet jiper sih pas manggang krn gw takut kalkunnya keras dan kering, atau lebih parah lagi kalau dalamnya gga mateng. Mertua gw datang awal, spy bisa bantu2. Dia bawa ham yg dimasak di apple cider, cranberry puding, cranberry-pineapple jell-o, taboleh dan pumpkin pie. Laki gw yg bantu keluar-masukin kalkun ke oven, berat dan panas, gw mah ogah pegang. Adik ipar gw bawa broccoli-rice caserole, au-gratin, dan pumpkin cobbler. Selagi mertua dan ipar bantuin gw buat gravy, gw manggang dinner rolls 24 biji. Dua anaknya ipar gw datang berserta pacar mereka. Matt entertained, main piano. Ternyata pacarnya ponakan laki gw jago banget main piano, neh cowo cuek banget, pdhal baru kenal ama kita, dia gga malu lho main piano sambil nyanyi. Dia kerja di resto. Selesai makan, MIL ngasihtau gw kalau tuh cowo blg turkey buatan gw is the juiciest yg pernah dia makan. Gw seneng banget deh kalkun gw sukses, juicy sekali dan asinnya berasa. Thanks so much to tn yg ngasih tau gw spy pakai garam yg banyak sebab kalau kalkun ditambahin garam setelah matang rasanya beda. Besok2 kita makan leftover dah, kalkunnya sisa banyak banget.

3 comments:

  1. happy thanksgiving, Syl...wow, masak kalkunnya sukses yaa...foto donggg...:b

    ReplyDelete
  2. Wah seru kayanya :D
    Manggang kalkun perlu berapa jam?
    anyway happy thanksgiving *walaupun dah lewat* :)

    ReplyDelete