Saturday, October 18, 2014

E..................bola

Sebel banget deh skrg disini ada bbrp orang yg kena Ebola. Mana di Dallas lagi. Belum lama si Obama blg kita gga usah takut. Gw jadi ngeri juga setiap ke tempat umum. Masalahnya gw suka gga sadar nyentuh mata atau hidung gitu. Apalagi anak2 gw, manapula mereka sehari2 di sekolah mana tau deh apa yg mereka pegang. Musim dingin aja, orang2 gampang banget ketularan flu secara kita kan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Gw cerita ama tn bonyok gw pengennya gw dan anak2 ke Indo Summer mendatang cuman gw takut banget deh ama Ebola ini. Menurut tn gw terlalu berlebihan, chance nya kecil lah. Well, yg namanya airport, kita gga tau tuh plane passangers darimana aja. Belum lagi spend beberapa jam dalam pesawat, Jangan salah pula, tn ini pendukungnya si Obama. Makanya gw sih gga pernah bicara politik ama dia, bisa berantem. Kemaren2 dia blgin gw kenapa gga ketemuan ama bonyok gw di Spore aja, jd gw dan anak2 gga usah ke Indo secara tiap mudik kita semua sakit mulu. Mostly sakit perut, demam, dan batuk2. Skrg dia blg gw gga usah takut ama penyakit yg jelas2 lebih mematikan. Mudah2an RS gga kena ebola, amit2 deh, secara manatahan kalau gw gga bisa megang2 doski, makin keringatan makin gagah deh. Minggu lalu dan tadi siang gw ke mall cari baju pesta untuk private partynya RS itu, susah banget deh gga nemu dan gga banyak pilihan. Jadinya gw malah beli mini skirts dua biji dan jaket denim and anting2.

8 comments:

  1. Penularan virus flu dan ebola kan berbeda.

    ReplyDelete
  2. Yg di Dallas baru2 ini, 2 perawat yg melayani pasien yg terkena Ebola ketularan lho. Penyakit ini bisa menular melalui hidung dan mata, semisal jari-jemari kita terkena liur atau keringat penderita, kemudian kita gga sadar ngusap mata atau hidung, bisa kena tuh.

    ReplyDelete
  3. Iya, tapi sebagai perawat, I suppose mereka in contact dengan pasien lebih intense, termasuk pas keadaan pasien sudah parah.
    Virus flu bisa menular lewat udara, sementara virus ebola, as you've said, harus lewat kontak langsung dengan body fluid (dan dari yg gw baca, keringat gak begitu efektif, but yah, better safe than sorry). Selain itu, di permukaan benda mati, virus ebola hanya tahan beberapa jam (atau menit ya, kurang ngerti).
    Dan untuk penderita ebola bisa menularkan ebola, yg gw baca, itu kalau si pasien sudah menunjukan tanda2 (demam, muntah2, dll). And the virus acts fast. So far, belum ada berita penumpang pesawat yg terbang dengan Duncan (pasien) ada yg kena ebola juga kan? Keluarganya juga udah lewat masa karantina.

    Yah, tips yg gw baca, sering2 cuci tangan, atau bawa hand sanitizer ke mana2.
    Moga2 2 perawat itu bisa sembuh, dan gak ada kasus baru. Gw juga baca beritanya agak was2 karena plan mau ke US. Udah cukup korban jiwa di Afrika, semoga gak kejadian di US. On one hand, flight membuat jangkauan travel lebih luas. But on the other hand, healthcare system di US much better than Africa (duh, obviously), where patient can be sent home, because of not enough of hospital bed, padahal udah parah. Akhirnya meninggal di rumah, terus taken care of by his/her family without proper protection.

    ReplyDelete
  4. Ya itulah gw takutnya anak2 atau gua juga, keciprat air ludah atau kena keringat atau other bodily fuid dan gga sadar gosok mata atau hidung. Yg gw baca mata dan hidung itu bisa jadi media penularan juga.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Perawat2 dan dokter udah pakai perlengkapan khusus lho waktu nanganin si pasien dan pasien tsb ketularan Ebola saat dia bawa (katanya sih sebetulnya pacarnya dia) yg dalam proses persalinan, ke RS. Dan dia sendiri tinggal used to live ama 3 orang yg kemudian meninggal krn ebola. Sejak dia tiba di Dallas dia tinggal di kamar tersendiri, Mungkin sb itu orang2 yg tinggal satu apt ama dia gga kena sb mereka udah ati2.

    ReplyDelete
  7. kalau RS kena Ebola pasti lu tetep megang ya syl haha *amit2 kena Ebola ya buat siapa aja* mudah2an gpp deh

    ReplyDelete
  8. E.......boleh juga tuh Nik..... Iya amit2 deh mudah2an curenya cepet diketemukan. Serem banget jadinya.

    ReplyDelete