Saturday, April 14, 2012

Tradisi paskah anak2 di Amerika


Jamannya gw kecil di Indo, kalau Paskah palingan kita ke sekolah bawa telur rebus. Aturan sih masing2 anak cukup bawa satu telur cuman nyokap suka takut kalau telur rebus satu2nya yg gw bawa retak, mungkin jatuh atau kehimpit buku, atau tertimpa musibah, jadi gw selalu dibawain dua telur rebus. Paling sering gw ngehias telur paskah pakai kapas, tuh telur paskah dijadiin Sinterklas. Waduh, namanya paskah tapi kok telurnya berthema Natal, LOL. Semenjak punya anak, hubby ajarin gw tradisi Paskah disini, yaitu, pagi hari si anak nemuin Easter basket pemberian Easter Bunny. Menjelang Natal, toko2 pada jualan keranjang Paskah, ada yg terbuat dari anyaman bambu, plastik dan kain. Warnanya warna pastel, merah muda, kuning, hijau muda, ungu muda dan biru muda. Keranjang Paskah ini kita isi dengan rumput imitasi terbuat dari plastik halus atau dari kertas, dan berbagai permen/coklat berbentuk kelinci atau telur dan Marshmallow peeps (marshmallow berbentuk anak ayam atau kepala kelinci, berwarna biru muda/kuning/pink). Gw sih jarang beli marshmallow, terlalu manis dan liat warnanya aja udah ngeri meskipun disini makanan dipantau oleh FDA. Si oma tetangga sebelah neh, tiap Paskah pasti ngasih bingkisan untuk anak2, loaded ama marshmallow, jelly beans, coklat dan candies. Kadang gw suka merasa bersalah juga sih tuh sweet stuffs akhirnya ended up di tempat sampah. Keranjang Paskah lengkap dengan isinya juga tersedia di toko2, cuman menurut gw sih mainannya gga okeh banget, keliatan kasar dan murah. Jadi gw lebih suka beli sendiri, mainan dan coklat. Tinggal ditata di keranjang Paskah. Aturan sih tiap tahun ganti keranjang, kan namanya juga pemberian Easter bunny, tapi dasar aja gw sih pelit (dengan alasan recycle), gw pakai keranjang yg itu2 juga. Laki gw sempet protes, sebab waktu dia kecil, tiap thn ganti keranjang. Ngobrol2, ternyata bukan hy gw aja yg pelit, nyokapnya tn juga waktu tn kecil dari thn ke tahun keranjangnya sama, padahal nyokapnya tn kan big boss banget, punya pabrik baja, duitnya pasti banyak, pelit pangkal kaya, ha ha ha.

1 comment: