Monday, August 17, 2009

Pelestarian rumah-rumah kuno


Kemaren nyokap cerita di Bandung sekarang banyak banget cafe.  Bingung deh gw, banyak outlets dan cafes, yg berkunjung siapa? Orang2 Jakarta dan sekitarnya kali ya. Jamannya gw tinggal disana kayaknya Bandung masih sepi2 and daerah utara tuh masih banyak rumah2 model Belanda. Sekarang rumah2 tsb modelnya gga keruan dijadiin outlets.  Perumahan kita tinggal disini termasuk perumahan kuno, rumah2nya dibangun th 1920-an.  Lately banyak developers yg beli rumah2 tua ini, bangunannya diratain dengan tanah dan dibangun dua rumah dengan model yg gga sesuai dengan rumah2 kuno yg ada. Mungkin mrk ngirit biaya dengan jalan mengurangi jumlah jendela. Walhasil mereka pasarkan rumah model Tuscany. Orang2 sini mulai protes pembangunan rumah modern model Tuscany atau minimalis. Gw sendiri lebih demen ama rumah kuno karena masing2 rumah kayaknya punya karakter tersendiri selain itu rumah2 ini cenderung dikelilingi oleh pepohonan yg besar dan rindang.

11 comments:

  1. itu foto rumah kalian kah?
    bagus banget... :)

    ReplyDelete
  2. Man, justru rumah2 kayak gini berjamuran di neigborhood kita, org2 pada gga demen. Sb gga sejalan ama rumah2 tua yg udah ada.

    ReplyDelete
  3. pas ngeliat rumahnya..gw jd keingetan sama rumah yg dimonster house...abis perasaan mirip" gt jg xp

    ReplyDelete
  4. kalo rumah kuno, asiknya lht modelnya. kayak di dongeng aja. skrg trend ornag jakarta dan sekitarnya berlibur ke bandung, atau kawasan2 bopunjur. banyak tempat rekreasi keluarga, kayak kebun stroberi.. pabrik yoghurt, dll.. memang lagi trend banget. (sering baca di blog para mommy)

    ReplyDelete
  5. TW: Monster house apa tuh? Maklum deh gua mah jarang nonton tipi, remote udah dikuasai dua monster cilik.

    YY:Gw juga demen banget ama rumah kuno, lebih unik dan kayaknya kalau walls nya bisa bicara, seru banget deh. Asal jgn ada peristiwa horor aja.

    ReplyDelete
  6. WUAH!!!! keren... *rumahnya* Ngiler... hehehe
    Yah begitu lah bu. Namanya juga developers, mereka mengikuti trend n low cost tentunya.

    ReplyDelete
  7. Syll
    g juga demen ama rumah tua , asal dirawat . itu jendela gede2 n dinding kuat . atap langit tinggi2 . cakepp ga panas .
    ember di Bdg bnyk rumah tua dijadikan FO, Cafe .
    dulu di Bdg nya dimana Syl ?

    ReplyDelete
  8. setuju banget.. di beberapa kota memang dilestarikan, tapi ada juga yg di pinggir jalan tiba2 udah jadi mall ato kantor, duuuuhhh sayang banget. Rumah ibu saya di jogja dan beberapa tetangga masih arsitektur belanda, melestarikan rumah lama lah, di samping emang mahal buat renovasi jadi rumah model sekarang, hehehe..

    ReplyDelete
  9. aduh, bagus banget rumahnya ya
    model klasik gitu :-)

    ReplyDelete
  10. ada film animasi gt..namanya monster house...tp rumah yg di monster house itu butuuuut bgt...hehehehehe

    ReplyDelete