Saturday, August 8, 2009

Belanja tanpa pajak

Mulai Jumat kemaren sampai Minggu, kalau belanja di mall kita gga akan dikenakan pajak. Lumayan save 8.517 persen.  Aku perlu beli sepatu dan ikat pinggang untuk anak2. Mungkin besok deh aku ke mall. Kemaren2 pemerintah ngadain program cash for clunkers, dimana pemilik mobil2 tua bobrok, bisa menukarkan mobil mereka dengan mobil baru dan mendapat rebate sebesar 4500 dollars dari pemerintah. Dalam waktu singkat pemerintah keabisan dana, ndak tau program ini akan diteruskan atau gga. Mereka2 yg py mobil bobrok yg seneng banget, ada yg blg mobil dia dihargain 600 dollars aja gga bakalan sampe.  Car dealerships pada keabisan stock mobil at the same time mereka juga deg2an, kapan mereka dapet pembayaran dari pemerintah? Yg jadi pertanyaan, mereka yg pada beli mobil baru ini, in the long run, mampukah mereka membayar cicilan? Sama halnya dengan program pemerintah, bagi2 duit 8000 dollars bagi first time home owners. Mampukan mereka bayar mortgage in the future? Kalau pada gga mampu kan jadi credit macet? Buntutnya ekonomi makin rusak. Adil atau tidaknya kebijakan pemerintah ini, tergantung ama sapa yg nikmatinnya. Bagi sebagian besar dari kita, programs ini nothing than pemerintah bagi2 pajak orang yg bekerja keras.

7 comments:

  1. Ah enaknyaaaa tinggal di state apa emangnya? Disini sih masih pake pajak, paling kl pengen belanja tanpa pajak ke Oregon cuma 2 jam nyetir. :)

    ReplyDelete
  2. Hanya 3 hari doang Bu.... selebihnya yah biasa bayar pajak.

    ReplyDelete
  3. Memang katanya di US, pajaknya banyak banget yak.

    ReplyDelete
  4. MA: Pajak penjualan disini 8.517, beda2 sih di tiap negara bagian. Pajak bangunan, mahal, tiap tahun naik terus. Pajak pendapatan juga mahal. Dan si pemerintah sekarang nih rencananya mau naikin pajak penghasilan, dan juga kalau cap and trade lolos, bakalan ada peningkatan pajak untuk small businesses, pusing deh. Udah pengangguran banyak, small business yg aturan menyediakan tenaga kerja malah dipajakin mulu

    ReplyDelete
  5. Ohhhhh. Iya ya? Kok disini gw ga tau apa2 kl ada 3 hari tanpa pajak. Tp di Oregon sih emang ga ada sales tax.

    ReplyDelete
  6. Gw jg kebetulan ajah liat local news ternyata ada beritanya. Kalau gga liat yah gga tau juga. Ini pertama kali aku ngerasain belanja gga ada pajak. Th2 lalu aku tau sih cuman gga pergi ke mall ajah

    ReplyDelete
  7. tujuan pemerintah biar pada beli mobil yah...? kalo terus kredit mobilnya pada macet .. wah diapain yah.. apa disita balik?

    ReplyDelete