Saturday, February 4, 2012

Pengemis keren

Bberapa bulan yg lalu gw dan keluarga on the way ke PW, salahsatu rest Chinese yg lokasinya gga terlalu jauh sih dari rumah. Tiba2 Matt teriak, "liat tuh si pengemis di kursi roda ditangkap polisi." Amplop deh, tuh pengemis dulu bbrapakali ke tokonya mertua gw. Penampilannya sehat dan bersih, tapi di duduk di kursi roda dan mata sebelah kanan ditutup patch hitam model bajak laut. Sepatunya bersih, merek terkenal lagi. Dia selalu didampingi bini dan dua anak kecil umur 5 dan 7. Pertamakali datang dengan lantang dia bilang "kami perlu uang, kami baru pindah ke daerah sini 6 bulan yg lalu dan kami bakalan diusir dari tempat tinggal kami kalau tidak bayar sewa. Saya lumpuh, matanya saya yg satu buta dan yg satu kurang bisa melihat jelas. Saya bisa bekerja apa saja." Mertua cowo lgs ngasih uang. Yah common sense lah, tuh orang kalau lumpuh dan buta, mau disuruh kerja apa di toko mattress? Kalau dia celaka, bisa2 dia nuntut ganti rugi. Eh dua minggu kemudian mereka datang lagi, kali ini patchnya kok dimata yg berbeda. Gimana nih orang, gw jadi curiga kalau di rumahnya mungkin dia gga pakai kursiroda. Eh dia ngomongnya sama persis cumah instead of 6 bulan kok jadi 3 bulan. Ketauan deh boong gga dicatet.... Busyet banget deh dia mengemisnya dari ujung-keujung kota. Kayaknya dih dia ditangkap polisi karena dia dan anak2nya masuk ke pekarangan rumah besar dekat PW. Rumah itu halaman depannya luas sekali. Temen kantor gw pernah cerita dia pernah jadi pizza delivery guy dan penghuni rumah besar tsb ngasih tip duapuluh dollars. Kesian anak2nya yg kecil2, harus jalan jauh sedangkan bapaknya enak duduk di kursi roda. Sang anak selalu pada ngemil. Masing2 pda bawa sebungkus besar Doritos dan sebotol Mt.Dew. Gga jelas deh berapa penghasilan dan biaya dia seharinya. Tuh anak kecil selalu bawa bekal kok. Gw aja gga pernah tuh beliin sebungkus guede (Family pack) Doritos untuk masing2 anak. Kalau beli yah gga dikasih gitu aja, sehari abis. Gga sehat banget.

5 comments:

  1. mudah2an anak2nya gak ikutan jd pengemis kaya bapaknya deh...

    ReplyDelete
  2. disini juga banyak yang kaya gitu syl, bahkan di jalanan yang gua lewatin pulang kantor, selalu ada ibu2 berkerudung duduk sambil nangis2 gendongin anaknya teriak2 anaknya sakit, tiap ari begitu..

    ReplyDelete
  3. Pengemis dimana-mana pasti ada ya. Makanya waktu beberapa tahun lalu aku ke Perth, suamiku bilang, jarang2 nih bisa lihat bule gembel....
    Tapi kelakuan kayak gitu emang harus diwaspadai daripada kita kena tipu..

    ReplyDelete
  4. DT: Biasanya sih anak nurutin ortunya yah. Mereka mengemis padahal sehari2 kebutuhan udah dicukupi ama pemerintah kok. Makanya hy untuk nambah2 aja, padahal sih kesian anak2nya, jalan kaki jauh. Enak bapake naik kursi roda.

    ReplyDelete
  5. Pucca and Zee:iya, makanya kalau kita ngasih, mereka malah keenakan.

    ReplyDelete