Saturday, August 16, 2014

Aksen lebay

Gegara dua minggu yg lalu dalam jangka waktu seminggu, dua klien laki gw yg ngobrol ama  gw di telpon ngira gw dari Eropa, gw jadi ngomongin aksen bicara ama laki gw dan tn. Laki gw bilang masih mending lah gw gga disangka dari Vietnam atau Philipina. Idih jahat banget yah laki gw.  Gw jadi inget pas mudik kemaren ke Indo, gw sempet tuh ngumpul ama temen2 dari TK-SD-SMP dan ada yg bilang kalau aksen bicara gw kayak Cinta Laura. Duh sapa tuh CL? Gw sama sekali gga tau. Makanya kemaren2 pas gw iseng cari2 CL eh nemu juga. Kita liat acara Hitam-Putih kalau gga salah, si tn blg busyet banget pembawa acaranya, kayak bencong ketinggalan wig. Itu eyelinernya tebel banget, apa sengaja biar keliatan kayak bule? Wah gw gga tau alasannya kenapa, gw juga gga tau sapa tuh pembicaranya. Wong disini gw tuh jarang banget nonton acara2 Indo, waktu di Indo juga gw jarang banget nonton acara2 Indo. Ketauan deh gw gga cinta produksi dalam negeri ya (makanya laki juga kudu buatan Amrik, he he he). Si tn sebel banget tuh ama CL, dia blg kenapa juga kudu banyak bicara dalam bahasa Inggris, kan dia di Indo dsb dsbnya. Banyak banget deh kritikan dia. Bagi gw sih CL okeh2 aja tapi pliss dong masak sih logat bicara Indo gw kayak dia, ancur banget. Kadang aksen orang tuh bisa kentel banget, gw masih inget bbrp pastors Belanda di gereja gw, meskipun mereka udah puluhan tahun tinggal di Indo dan bahasa Indo nya lancar sekali, tapi teteup ada logat2  bulenya. Yang gw bilang pinter banget adjust aksennya itu RS, banyak orang yg gga ngeh sebetulnya doski itu orang Ustrali, bukan Amrik.

10 comments:

  1. si cinta laura kan papanya orang amerika, jadi gak heran lah kalo dia emang ngomong nya lebih banyak bhs inggris...
    dia kecilnya juga kalo gak salah bukan di indo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ppnya orang Jerman dan dia sekolah di Bogor International School then Jakarta International school. Katanya....

      Delete
  2. gua sih ga tau si CL itu lebay apa ga aksennya... gua rasa mirip2 orang asing ngomong bahasa indonesia, kira2 begitu aksennya.

    tapi gua banding2in sama dewi sandra, nadia hutagalung, dan artis2 lain yang blasteran emang ga ada yang se-unik CL sih aksennya hihihi...

    dulu gua malu loh bahasa inggris gua ga bisa bagus aksennya... malah gua diketawain temen gua. tapi sekarang gua malah bangga. karena beginilah orang asia berbahasa inggris. ga perlu gua mirip2in kebarat2an hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aksennya kentel banget, kalau dia nyanyi gitu juga kah? Syusyah dimengertyi downg

      Delete
  3. Dari artis-artis blasteran, CL memang termasuk lebay sih aksennya. Nadya Gutagalung saja gak begitu kalau dia harus mixed dengan Bahasa.
    Tapi sepertinya CL emang sudah dari dulu kali ya terbiasa dengan aksen begitu jadi susah gantinya....

    ReplyDelete
  4. Kalo g bilang itu cara dia menciptakan ciri khas. Biar gampang diinget orang. Hihihihi.,, and it works!

    ReplyDelete
  5. Temen gw ada yang dsini (NZ) logatnya lebih bule dr cowo gw yg asli sini... lebay bgt kita sll ngira2 ditebel2in tuh logat, bis dia kesini jg bukan dr kecil pas udh umur 17an jg hahaha.

    ReplyDelete
  6. CL emg lebay aksennya... gw ada nih temen yang pindah ke sini pas umur belasan (17an kl ga salah) eh tapi tuh aksen tuebel buangettttt (aksen NZ) ampe cowo gw yg asli sini bilang nobody speaks like that hahaha :)

    ReplyDelete